-->

Propolis



PropolisPropolis adalah campuran resin yang lebah madu kumpulkan dari tunas pohon, getah mengalir, atau sumber nabati lainnya. Propolis ini digunakan sebagai lapisan pengaman untuk ruang terbuka yang tidak diinginkan dalam sarang. Propolis digunakan untuk celah-celah kecil (sekitar 6 milimeter (0,2 inch) atau kurang), sementara ruang yang lebih besar biasanya diisi dengan lilin lebah. Warnanya bervariasi tergantung pada sumber botaninya, kebanyakan berwarna coklat gelap. Propolis lengket pada suhu kamar (20 ° Celsius) dan di atas suhu tersebut. Pada suhu yang lebih rendah itu menjadi keras dan sangat rapuh.

Tujuan

Selama berabad-abad, peternak lebah berasumsi bahwa lebah menutup sarang lebah dengan propolis untuk melindungi koloni dari unsur-unsur, seperti hujan dan tiupan udara musim dingin. Namun, penelitian abad ke-20 telah menunjukkan bahwa lebah tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang, dengan ventilasi meningkat selama musim dingin di sebagian besar daerah beriklim di dunia.
Propolis saat ini diyakini:
  1. Memperkuat stabilitas struktural dari sarang
  2. Mengurangi getaran
  3. Membuat sarang lebih bisa bertahan dengan menyegel pintu masuk alternatif
  4. Mencegah penyakit dan parasit untuk memasuki sarang, dan untuk menghambat pertumbuhan bakteri
  5. Mencegah pembusukan di dalam sarang. Lebah biasanya membawa limbah keluar dan dijauhkan dari sarang. Namun jika kecil ada kadal kecil atau tikus, misalnya, menemukan jalan ke sarang dan mati di sana, lebah mungkin tidak dapat membawanya keluar melalui pintu masuk sarang. Dalam kasus itu, mereka akan berusaha untuk membungkus bangkai dalam sarang tersebut dengan propolis, membuatnya menjadi mummi dan membuatnya tidak berbau dan tidak berbahaya.

Komposisi

Komposisi propolis bervariasi dari sarang ke sarang, dari daerah ke daerah, dan dari musim ke musim. Biasanya berwarna coklat gelap, namun dapat ditemukan berwarna merah, hitam dan putih kehijau-hijauan, tergantung pada sumber dimana resin ditemukan pada area tertentu dalam sarang lebah. Madu lebah bersifat oportunis, mengumpulkan apa yang mereka butuhkan dari sumber yang tersedia, dan analisis rinci menunjukkan bahwa komposisi kimia propolis bervariasi dari daerah ke daerah, bersama dengan tumbuh-tumbuhan. Di daerah utara yang beriklim sedang, misalnya, lebah mengumpulkan resin dari pohon, seperti poplar dan tumbuhan runjung (peran biologis resin di pohon untuk menutup luka dan bertahan dari serangan bakteri, jamur dan serangga). Resin Poplar kaya akan flavonoid. “Typical” propolis di daerah utara beriklim memiliki sekitar 50 konstituen, terutama damar dan sayuran getah balsem (50%), lilin (30%), minyak esensial (10%), dan serbuk sari (5%). Dalam daerah neotropis, di samping berbagai macam pohon, lebah juga dapat mengumpulkan damar dari bunga di genus Clusia dan Dalechampia, yang merupakan genus tanaman yang diketahui memproduksi resin bunga untuk menarik penyerbuk. Resin Clusia berisi benzophenones polyprenylated. Di beberapa daerah di Chile , propolis mengandung viscidone, sebuah terpena dari semak-semak Baccharis, dan di Brasil, epoksida naftoquinon baru-baru ini terisolasi dari propolis merah, dan asam terprenilasi seperti asam 4-hydroxy-3,5-diprenyl sinamat, telah didokumentasikan. Sebuah analisa tentang propolis dari Henan, Cina menemukan asam sinapic , asam isoferulic , asam caffeic dan chrysin, dengan tiga senyawa pertama menunjukkan sifat anti-bakteri. Juga, propolis merah Brasil (sebagian besar berasal dari resin tanaman Dalbergia Ecastaphyllum) memiliki persentase isoflavonoids 3-Hidroksi-8,9-dimethoxypterocarpan dan medicarpin yang relatif tinggi.
Sesekali lebah pekerja bahkan akan mengumpulkan berbagai senyawa pendempul dari pabrik manusia, ketika sumber biasa lebih sulit untuk didapatkan. Properti dari propolis tergantung pada sumber-sumber yang tepat yang digunakan oleh setiap individu dalam sarang, sehingga sebuah potensi manfaat pengobatan yang mungkin ada dalam propolis dari satu sarang, bisa jadi tidak ditemukan di sarang lebah yang lain, dan distributor produk propolis tidak dapat mengendalikan faktor-faktor tersebut. Ini mungkin menjelaskan beragam klaim yang berkaitan dengan sifat obat propolis, dan menjawab kesulitan dalam mereplikasi studi ilmiah sebelumnya menyelidiki klaim ini. Bahkan sampel propolis yang diambil dari dalam sebuah koloni yang sama dapat bervariasi, membuat uji klinis sulit dikontrol, dan hasil dari studi yang diberikan tidak dapat diasumsikan sama untuk sampel propolis dari daerah lain.

Manfaat Medis

Propolis dipasarkan oleh toko makanan kesehatan sebagai obat tradisional, dan klaim efek yang menguntungkan pada kesehatan manusia.
Para praktisi pengobatan alami menggunakan propolis untuk menghilangkan berbagai kondisi, termasuk radang, penyakit yang disebabkan oleh virus, bisul, luka bakar dangkal atau luka bakar.
Propolis juga diyakini untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan katarak. Peternak lebah dahulu merekomendasikan sepotong propolis disimpan dalam mulut sebagai obat untuk sakit tenggorokan. Propolis lozenges dan tingtur dapat dibeli di banyak negara. Meskipun telah diklaim bahwa propolis bermanfaat dalam mengobati alergi, propolis dapat menyebabkan reaksi alergi parah jika pengguna sensitif terhadap lebah atau produk lebah.
Beberapa klaim ini sedang diselidiki secara klinis dan beberapa studi sudah diterbitkan dalam literatur biomedis. Karena komposisi kimia propolis bervariasi tergantung pada musim, spesies lebah dan lokasi geografis, maka harus berhati-hati dalam ekstrapolasi hasil (seperti di atas).
  1. Suplementasi; mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar Thymus. Zat-zat tersebut adalah :
    • Semua vitamin kecuali vitamin K
    • Semua mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
    • 16 rantai Asam Amino Essensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
    • Bioflavonoid, yaitu zat anti oksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.
  2. Pengobatan alami; mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :
    • Sebagai antibiotik, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.
    • Penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya : typhus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
    • Penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya : demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
    • Penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya : eksim, panu, keputihan, ketombe dan sebagainya.
    • Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya : maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, lebam, luka bakar dan sebagainya.
    • Sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya : kanker tumor, mium, kista dan sebagainya.
    • Sebagai Antimikroba, Tergantung pada komposisinya, propolis dapat digunakan sebagai antibiotik lokal dan antijamur yang kuat.
    • Sebagai Pelunak, Studi juga menunjukkan bahwa hal itu mungkin efektif dalam merawat kulit terbakar.
    • Sebagai Imunomodulator, Propolis juga menunjukkan efek imunomodulator.
    • Sebagai Agen Antiplaque Gigi, Propolis adalah subjek penelitian kedokteran gigi baru-baru ini, karena ada beberapa bukti bahwa propolis secara aktif dapat melindungi terhadap karies dan bentuk lain dari penyakit mulut, karena sifat antimikroba tersebut. Propolis juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Penggunaannya dalam kanal debridemen untuk prosedur endodontik telah dieksplorasi di Brasil.
    • Sebagai Agen Pertumbuhan Antitumor, Menggunakan Propolis dalam menghambat tumorigenesis telah dipelajari pada tikus di Jepang.
    • Berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah dan detoksifikasi atau pembuangan racun, misalnya: asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya.
    • Lemak-lemak (katarak) di mata bersih dengan propolis.

Manfaat Komersial

  1. Dalam Instrumen Musik, Propolis digunakan oleh pembuat alat musik tertentu untuk meningkatkan tampilan serat kayu. Ini adalah komponen dari beberapa pernis dan telah dilaporkan digunakan oleh Antonio Stradivari.
  2. Dalam Makanan, Propolis digunakan oleh beberapa produsen permen karet untuk membuat Propolis Gum.

Pendapat Para Ahli

Berikut adalah pendapat para ahli tentang propolis dan kegunaan lain :
  1. John Diamond MD; propolis mampu mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
  2. Ray Kupinsel; propolis sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping
  3. Profesor Arnold Becket; propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.
  4. Russia Research Team (Tim Riset Rusia); Dalam propolis terdapat zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan.
  5. Dr. Fang Chu (dokter di Lien Yu Kang Hospital Tiongkok); propolis berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung.
  6. Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991; dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%.
  7. Majalah anti biotik VP Kivalkina; propolis sangat efektif untuk infeksi tanpa batas kadaluwarsa.
Sumber: Wikipedia dan beberapa literatur
Co-Pas dari www.nurusy-syifa.com

1 komentar:

thanks infonya, sangat bermanfaat untuk saya :)

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]