Home » , » Istirahatlah Wahai Ibu Hamil...!!!

Istirahatlah Wahai Ibu Hamil...!!!

Sebuah temuan penelitian yang diterbitkan di Occupational & Environmental Medicine memaparkan terdapat hubungan antara ibu hamil yang bekerja lebih lama melakukan posisi tubuh yang melelahkan kaki (berdiri, berjalan jauh, dan sebagainya) dengan kondisi potensi melahirkan bayi dengan ukuran lebih kecil.

Disebutkan ibu hamil yang bekerja bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu dengan memforsir aktivitas kaki, seperti teller bank, mengajar, dan sebagainya memiliki potensi melahirkan bayi dengan ukuran lingkar kepala rata-rata 1cm lebih kecil dari ukuran rata-rata normal.

Partisipan penelitian yang diteliti adalah para ibu hamil yang tengah bekerja dengan rentang kisaran 25 hingga 40 jam kerja dalam seminggu. Ditemukan wanita yang bekerja lebih dari 40 jam kerja dalam seminggu memiliki ukuran bayi yang lebih kecil dibandingkan wanita yang bekerja kurang dari 25 jam kerja dalam sepekan.

Perbedaan berat dan ukuran kepala bayi ditemukan secara signifikan pada usia kehamilan memasuki trimester ketiga dan seterusnya. Namun demikian, penelitian ini belum dapat menunjukkan apakah perbedaan ukuran bayi yang ada mempengaruhi dalam waktu jangka panjang atau tidak.

Penelitian yang dilakukan oleh tim yang dipimpin dr. Claudia A. Snijder dari Erasmus Medical Center di Rotterdam, Belanda ini menghimbau ibu hamil yang bekerja akan memasuki masa trimester ketiga harus mulai memperhatikan beberapa aspek berikut ini dalam lingkungan kerjanya, antara lain:

Shift Kerja & Kerja Lembur

Perhatikan jam kerja, untuk lebih disesuaikan dengan stamina dan kemampuan fisik. Usahakan semampu mungkin untuk menghindari terjadinya kelelahan.

Posisi Berdiri

Hindari posisi berdiri yang terlalu lama. Dari hasil penelitian yang ditemukan 40% dari ibu hamil yang diteliti harus melakukan aktivitas yang melelahkan kaki selama bekerja. 45,5% bahkan harus berjalan kaki jauh.

Disarankan para ibu hamil yang tengah memasuki usia kehamilan trimester ke3 dan masih bekerja untuk mengubah pola dan gaya kerja yang lebih sesuai dan menyehatkan demi kepentingan ibu dan calon bayi.

Sumber : Dampak Kerja Berlebihan Pada Ibu Hamil

0 komentar:

Post a Comment

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.