Home » , , , , , , , » Obat Tradisional Atasi Radang Amandel

Obat Tradisional Atasi Radang Amandel

Amandel adalah salah satu organ yang berfungsi menyaring bakteri dan agen-agen asing lainnya dari tubuh. Letaknya antara mulut dan kerongkongan. Jika amandel bisa bekerja secara optimal, maka tubuh akan terlindungi dari infeksi bakteri atau virus.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk menjaga amandel agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus atau bakteri, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (18/8/2011) yaitu:

  1. Usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk megurangi risiko infeksi. Bersihkan tangan sebelum makan dan setelah selesai dari kamar mandi, sehingga mengurangi kuman yang masuk ke tubuh.
  2. Biasakan untuk selalu minum menggunakan gelas pribadi dan tidak bertukar-tukar dengan orang lain, usahakan hindari berbagi barang seperti gelas, sendok atau garpu dengan orang lain.
  3. Usahakan untuk menghindari orang yang sedang terkena radang tenggorokan untuk mengurangi risiko tubuh terkena infeksi dari luar.
  4. Konsultasikan dengan dokter bisa merasa sakit pada tenggorokan atau mengalami pembengkakan di leher. Semakin cepat infeksi tersebut diobati, maka akan menjaga daerah tersebut dari kerusakan yang lebih parah.
  5. Gantilah sikat gigi setiap kali selesai mengalami radang tenggorokan atau pembengkakan pada amandel.
  6. Usahakan untuk mengonsumsi air yang cukup, serta hindari makanan atau minuman yang bisa merangsang iritasi seperti makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, asam atau pedas.

Jika amandel sudah terkena infeksi baik bakteri atau virus maka ia akan membengkak yang dikenal dengan istilah tonsilitis. Infeksi ini bisa berasal dari kuman yang terhirup saat sedang bernapas. Jika radang yang terjadi pada amandel sudah kronis, maka biasanya dokter akan melakukan operasi pengangkatan.

Berikut ini beberapa terapi pengobatan herbal alami dan tradisional yang disarankan untuk mengatasi radang amandel tersebut :

Terapi Pertama :
Ambil sambiloto dan kunyit secukupnya kemudian campur dengan air panas beri sedikit garam dan madu, lalu dikumur-kumur selama 3 menit. Setelah dikumur-kumur jangan dibuang tapi langsung ditelan.

Terapi Kedua :
Pengobatan Alami untuk AMANDEL silahkan konsumsi  herbal berikut :
Dosis untuk dewasa diminum 3 x sehari 2 kapsul, semua herbal dikonsumsi selama 2 bulan secara rutin.

Dosis Balita :
3 x 1 Kapsul setelah makan

Dosis Anak :
2 x 2 Kapsul

Bila ada anak yang belum bisa makan kapsul secara langsung maka disarankan cara minumnya sebagai berikut :
Supaya cangkang dilepas kemudian serbuknya dicampur dengan air, madu atau sari kurma.

Jangan dicampur dengan susu.

Demikianlah beberapa cara untuk menjaga agar amandel tetap sehat, dan beberapa terapi herbal alami serta tradisional untuk mengatasi radang amandel.

Sumber :

0 komentar:

Post a Comment

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.