Home » , » 3 Tips dan Cara Belanja Online Aman dan Nyaman

3 Tips dan Cara Belanja Online Aman dan Nyaman

Belanja online memang cukup beresiko apalagi bagi konsumen baru yang kurang pengalaman, saya sendiri pernah kena tipu rayuan gombal seorang penipu online yang menjajakan kripik buah yang ngakunya dari Malang, uang sudah ditransfer, tapi barang tak kunjung datang. Atas dasar inilah saya merangkum beberapa tips dan cara belanja di online shop yang baik dan benar agar tetap nyaman dan aman serta tidak kena tipu, karena belanja online mau tidak mau sulit untuk tidak dilakukan mengingat berbagai kemudahan yang ditawarkan, yang intinya banyak menghemat waktu dan bahkan uang antara lain karena tidak perlu keluar rumah, barang pesanan diantar langsung ke alamat. Belanja online juga memberikan rasa percaya diri bagi pelakunya, tidak sebagaimana ketika belanja di toko secara langsung, banyak pelanggan yang tidak ingin dilihat dan diketahui identitasnya oleh orang lain kecuali penjual.

3 Tips dan Cara agar Aman dan Nyaman ketika Berbelanja Online di Internet

Teliti Sebelum Membeli
Apa yang harus anda teliti? Yang pertama tokonya, biasanya di profil toko disebutkan alamat toko sesungguhnya, kalau tidak punya toko fisik di dunia nyata, cek no. HP dan coba hubungi no. tersebut. Saya pribadi lebih percaya pada toko dengan alamat URL dengan domain yang berbayar bukan gratisan, meskipun terkadang tetap memberanikan diri mengecek kebenaran toko-toko kecil yang masih menggunakan subdomain atau web/blog gratisan. Mengecek keaslian toko ini memang gampang-gampang susah. Salah satu tips untuk mengetahui lebih jauh tentang toko tempat anda belanja online adalah dengan bantuan gugel, ketik nama tokonya dan search! silahkan lakukan penelitian kecil-kecilan. Lihat usianya biasanya situs penipu tidak berumur panjang, Anda juga bisa melihat komentar dan testimoni pengunjung.

Yang kedua cek produk yang ingin dibeli, baca dan pelajari dengan seksama deskripsi dan detail produk yang tertulis di toko tersebut, atau cek di gugel kalau memang memerlukan tambahan informasi. Kenapa? agar kita puas dan tidak kecewa dengan barang yang kita beli, dan tidak merasa ditipu.

Simpan Bukti Transaksi dan Data Kontak Toko/Penjual
Kalau perlu rekam dari awal semua proses transaksi, mulai ketika tanya harga, stock dan ongkir jika memungkinkan rekam dengan screenshot. Simpan semua kontaknya, mulai dari nomor HP sampai pin BB. Demikian pula ketika selesai melakukan pembayaran simpan nota dan slip bukti pembayaran tersebut dengan baik. Ini membantu untuk membuat laporan atau melakukan komplain ke toko yang bersangkutan.

Jangan Tertipu dengan Iklan
Hati-hati banyak orang yang tertipu dengan sebatas melihat iklan yang sangat menarik dengan tawaran yang menggiurkan, banting hargalah, diskon besar-besaranlah dan seterusnya. Pokoknya harga jauh sekali dibawah harga normal, nggak masuk akal. Sebelum membeli memang sebaiknya membandingkan harga, mana yang paling murah, tapi kalau perbedaan harganya sangat jauh maka sebaiknya pilih yang normal-normal saja.

Sebenarnya sudah banyak yang menulis tips yang serupa silahkan gugling, bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih. Tapi saya rasa cukup tiga tips diatas agar tidak tertipu dan kecewa ketika belanja online.

0 komentar:

Post a Comment

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.