Home » , , , , , , , , , » Kenalilah Apa Itu Asam Urat Agar Terhindar Darinya

Kenalilah Apa Itu Asam Urat Agar Terhindar Darinya

Berkenalan Dengan Asam Urat Agar Terhindar Darinya
A. Sekilas Tentang Asam Urat.
Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang berasal dari makanan yang kita konsumsi, yang dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan. Asam urat pada asalnya berasal dari protein.

Sebagaimana kita ketahui, nutrisi yang berlebihan pada tubuh itu tidak baik, apabila tubuh kita kelebihan karbohidrat (glukosa) maka dapat menyebabkan penyakit kencing manis, apabila kelebihan lemak, maka dapat menyebabkan penyakit hiperkolesterol, yang dapat mengakibatkan penyakit Jantung, Hipertensi dan Stroke. Sedangkan apabila tubuh kita kelebihan protein, maka dapat menyebabkan penyakit asam urat dan batu ginjal.

Begitu pula sebaliknya, apabila tubuh kita kekurangan nutrisi maka akan timbul berbagai penyakit pula, sehingga yang ideal adalah tubuh kita memperoleh nutrisi dengan jumlah/kadar yang cukup, tidak kekurangan ataupun berlebihan.

B. Gejala Asam Urat.
Kita telah tahu bahwa asam urat merupakan hasil proses pengolahan makanan di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Adapun gejala penyakit asam urat yang umum terjadi adalah sebagai berikut :
  1. Nyeri yang hebat pada satu atau beberapa sendi (sendi di pangkal ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan dan sikut), seringkali terjadi pada malam hari.
  2. Sendi membengkak dan kulit diatasnya tampak merah atau keunguan, kencang dan licin, serta teraba hangat.
  3. Demam, menggigil, perasaan tidak enak badan dan denyut jantung yang cepat.
  4. Kesemutan dan linu.

C. Komplikasi Asam Urat.
Penyakit ini memang tidak mematikan, namun menyebabkan nyeri luar biasa bahkan sendi bisa menjadi bengkok, cacat permanen dan sendi mudah patah. Selain itu, juga bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Hampir 20% penderita asam urat memiliki batu ginjal, yang jika tidak ditangani bisa mengakibatkan gagal ginjal.

D. Jumlah Penderita Penyakit Asam Urat.
Berdasarkan survei WHO, Indonesia merupakan Negara terbesar ke-4 di dunia yang penduduknya menderita asam urat dan di Indonesia 35% kasus asam urat terjadi pada pria di bawah usia 34 tahun.

E. Apa Penyebab Penyakit Asam Urat
Ginjal merupakan organ tubuh yang paling bertanggung jawab agar kadar asam urat di dalam darah selalu dalam batas normal. Caranya dengan mengatur pembuangan asam urat melalui urin. Adapun tingginya kadar asam urat di dalam tubuh dapat dikarenakan hal-hal sebagai berikut :
  • Produksi asam urat yang berlebihan akibat makanan yang dikonsumsi, penyakit atau obat tertentu.
  • Pengeluaran asam urat lewat ginjal kurang karena kerusakan ginjal atau obat tertentu.
Beberapa obat tertentu yang bisa mengurangi pengeluaran asam urat oleh ginjal, yaitu obat-obat TBC dan salisilat. Adapun Obat-obatan yang dapat meningkatkan asam urat seperti vitamin C, aspirin dosis rendah, kafein, alkohol, vitamin B12, cisplatin, diazoxide, epinefrin, ethambutol, levodopa, metal-dopa, asam nikotinat, fenotiazin, dan theofilin.

Konsultasikan dengan Dokter Anda apabila Anda penderita Asam Urat dan mendapatkan obat seperti di atas.

F. Tips mencegah dan mengatasi Asam Urat.
Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi Asam Urat, yaitu :
  • Menerapkan pola makan sehat seimbang, 4 sehat 5 sempurna.
  • Batasi makanan yang tinggi protein seperti daging jeroan, udang, remis, kerang, sardin, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape).
  • Istirahat cukup dan olahraga teratur. Hindarilah latihan yang berat.
  • Hindari stress, jangan merokok dan jangan meminum alkohol.
  • Untuk mengurangi nyeri, sendi yang meradang sebaiknya diistirahatkan dahulu. Kompres dengan es pada bagian yang sakit.
  • Jika asam urat meningkat, dianjurkan untuk minum banyak air atau jus buah untuk membantu pengeluaran asam urat melalui urine sehingga mengurangi resiko kerusakan sendi dan ginjal.
  • Penderita asam urat sebaiknya memakai baju hangat jika cuaca sedang dingin.
  • Kurangi berat badan bagi penderita yang memiliki kelebihan berat badan. Jika berat badan dikurangi, maka kadar asam urat dalam darah seringkali kembali ke normal atau mendekati normal.
  • Konsumsi makanan atau herbal alami yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi radang/bengkak membantu pengeluaran asam urat melalui urine, seperti Sambiloto, Temulawak, Daun tempuyung, Bawang Putih, Sirsak, Pisang dan buah-buahan yang banyak mengandung air.



Produk Herbal Indo Utama untuk mencegah dan mengatasi Asam Urat :

☎ Layanan konsultasi herbal 085228250800 / 085867419820
pin BB 2990DBD1

Semoga Allah memberikan kesembuhan dan menjaga kesehatan kita sekeluarga

Tim Traditional Herbal Medicine - Herbal Indo Utama
  1. dr. Didit Aktono Hadi
  2. Agus Santosa, S.Farm., Apt.
  3. Wahyu Nugroho, S.Farm., Apt.
  4. An'im Fathoni, S.Farm.
  5. Erik Arya Tandi Ahli Farmasi



Sumber : Info Sehat HIU

0 komentar:

Post a Comment

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.