Home » , , , , , , , » Tips Aman Naik Pesawat Terbang bagi Wanita Hamil

Tips Aman Naik Pesawat Terbang bagi Wanita Hamil

Istirahatlah Wahai Ibu Hamil...!!!
Herbal Nutrisi Alami Ibu Hamil
Pertanyaan:

Assalammu’alaikum.
Aku ibu 31 thn, saat ini sedang hamil anak ke 3 usia kandungan 26-27 minggu. Pertanyaan saya:
  1. Bolehkan ibu hamil berpergian dengan menggunakan pesawat terbang?
  2. Adakah tips khusus untuk ibu hamil supaya tetap aman melakukan perjalanan tersebut?
Saya sangat menanti jawabannya. Terima kasih
Dari: Irmi

Jawaban - Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com):

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.
Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.
Sepengetahuan kami, Ibu hamil tetap dapat bepergian dengan pesawat terbang jika tidak ada keluhan dan kehamilan berlangsung lancar. Waktu paling baik memang berkisar pada trimester kedua, karena kandungan sudah lebih kuat, dan risiko keguguran maupun persalinan prematur minimal; ibu tidak melakukan perjalanan udara pada usia kehamilan diatas 36 minggu, trimester pertama yang bermasalah, atau memiliki penyakit seperti diabetes yang tidak terkontrol, hipertensi, risiko keguguran, dsb.

Ibu hamil sebaiknya memeriksakan diri terlebih dulu ke dokter sebelum bepergian untuk memastikan kondisi kesehatan Ibu dan janin, dan mengecek kebijakan maskapai penerbangan yang akan digunakan mengenai ibu hamil dan usia kehamilan berapa saja yang tidak diperbolehkan untuk terbang. Sebaiknya ibu juga aktif meminta kursi pesawat yang lebih nyaman untuk ibu hamil, seperti kursi lorong di bagian tengah pesawat yang guncangannya minimal.

Disamping itu, ibu juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar sehingga memudahkan gerak dan pernafasan Ibu, konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Jika penerbangan berlangsung lama, hendaknya Ibu bangkit sebentar untuk berjalan-jalan ringan di lorong pesawat sekitar 5 menit, setiap jamnya, untuk melancarkan peredaran darah. Setiap 30 menit atau kurang dari itu, bergeraklah dengan menekuk pergelangan kaki/ kaki atau merenggangkannya, dan menggerak-gerakkan jari-jari kaki. Kenakan sabuk pengaman selama duduk sepanjang penerbangan untuk menghindari risiko benturan jika terjadi turbulensi.

Dan terakhir, jika Ibu merasakan kontraksi yang kuat dan tidak biasa, disertai nyeri yang konstan dan memberat selama penerbangan, jangan ragu untuk memberi tahu pramugari/petugas di pesawat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

________________________________________________________________


Menurut dr. Ainul Hadi (dokter konsultan medis nurusy syifa) :

Pada umumnya terbang selagi hamil itu tidak masalah, namun untuk menghindari resiko yang dapat membahayakan kehamilan, ada beberapa hal yang wajib diketahui ibu hamil.
  • Saat aman dan terbaik untuk terbang adalah saat usia kehamilan menginjak 14 minggu hingga 27 minggu. Pada usia kehamilan 14 minggu, ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan sudah lebih kuat secara fisik.
  • Saat usia kehamilan diatas 36 minggu, ibu hamil tidak lagi diperbolehkan untuk bepergian dengan pesawat terbang, jika yang dikandung kembar, maka batasnya menjadi 32 minggu.
  • Sebelum usia kandungan mencapai 14 minggu sebaiknya ibu hamil tidak naik pesawat. Di usia awal kandungan biasanya ibu hamil masih sering mengalami mual dan pusing yang bisa menimbulkan gangguan lainnya jika dipaksakan. Selain itu resiko keguguran juga lebih tinggi di usia awal kehamilan.
_________________________________________________________________

Sumber :

0 komentar:

Post a Comment

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.