Home » , , , , , , , , » Musim Hujan ~ Enaknya Makan Apa Yach...???

Musim Hujan ~ Enaknya Makan Apa Yach...???

Kebanyakan kita jika lapar, hanya mencari enaknya saja, jarang bahkan kebanyakannya tidak melihat sehat atau tidaknya makanan yang dikonsumsi. Apatah lagi jika musim hujan, ketika suhu rendah justru nafsu jadi tinggi, maunya makan terus. Padahal saat musim hujan kita apalagi anak-anak rentan terhadap penyakit. Mulai dari radang tenggorokan, batuk pilek, demam, tipus hingga demam berdarah. Kondisi tubuh yang kurang fit membuat antibodi menjadi melemah. Hal ini dikarenakan suhu yang rendah ditambah udara yang lembab membuat virus dan bakteri cepat berkembang. Oleh karena itu agar tetap sehat dan bugar di musim hujan hendaknya kita mencari makanan sehat lagi enak, sebab asupan makanan sehat yang bergizi dan bernutrisi dapat meningkatkan antibodi dan stamina.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi pada saat musim hujan :

Madu
Kandungan senyawa dalam madu yang bersifat antibakteri, telah lama dikenal sebagai cara paling aman dan mudah serta menjadi bahan sederhana dan aman untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit flu, demam dan masuk angin selama musim dingin atau selama musim hujan. Madu dikenal karena kandungan anti-bakterinya yang membantu melawan bakteri dan virus. Anda bisa mengkonsumsi madu murni setiap malam sebelum tidur, atau campurkan madu ke dalam segelas susu hangat, atau campur madu dengan jus maupun smoothie.

Susu
Bagi bayi usia 0-2 tahun pemberian ASI lebih sering selama musim hujan bisa membantu untuk meningkatkan imunitas tubuhnya sehingga tidak mudah jatuh sakit. Nah, untuk anak di atas dua tahun atau sudah tidak lagi menyusui, kita harus tetap memberikan asupan susu setiap hari. Minum susu dua gelas sehari akan membantu kita tetap sehat. Apalagi, jika susu yang diberikan adalah susu rendah lemak dengan kandungan vitamin D yang tinggi sangat baik untuk mencegah flu.

Yoghurt
Studi Universitas Vienna, Austria, menyebutkan mengkonsumsi 2 ons yoghurt sehari sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung antioksidan dan bakteri sehat yang menjaga usus dan salurannya dari penyakit karena bakteri dan kuman, serta berguna sebagai pertahanan dari berbagai virus,

Oat atau Barley
Oats dan barley mengandung serat khusus yang disebut beta-glucan yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba. Dua zat ini sangat penting untuk melindungi sel dari kerusakan karena molekul tidak stabil atau mikroorganisme.

Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai obat alami yang manjur untuk menyembuhkan demam dan masuk angin. Pengobatan Barat telah menganggap bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan level enzim yang menolong hati untuk membersihkan darah dari racun sehingga si putih ini memberikan daya tahan tubuh lebih. Jenis bumbu ini mengandung bahan aktif allicin yang melawan infeksi dan bakteri. Satu penelitian di Inggris menyimpulkan konsumsi bawang putih membuat kemungkinan terserang flu turun 66 persen dibandingkan tak mengkonsumsinya. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari enam siung bawang putih seminggu maka pertumbuhan kanker perutnya juga melambat sepertiga dibanding tak mengkonsumsi. Makan bawang putih mentah dianjurkan bila Anda ingin merasakan manfaat penuh. Tapi bila Anda tidak tahan dengan bau dan rasanya, maka Anda bisa memasaknya.

Ikan
Ikan mengandung selenium. Zat ini membantu sel darah putih memproduksi sitokin, jenis protein yang membersihkan tubuh dari virus flu. Ikan salmon dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan Omega-3 tinggi yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan. Selain itu, salmon juga mengandung Vitamin A dan asam amino yang mampu merangsang pertumbuhan serta perkembangan sel otak. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi salmon di saat musim hujan juga bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Karena salmon mengandung nutrisi yang membantu penyerapan gula dalam tubuh sehingga tubuh tetap fit dan mampu menangkal virus bakteri penyakit. Ikan jenis mackerel, dan herring juga mengandung lemak omega-3. saat musim hujan, kita bisa menyediakan ikan salmon atau ikan apa saja yang mudah didapatkan sebagai menu favorit keluarga.

Daging Sapi
Daging sapi adalah sumber seng yang sangat baik. Seng membantu perkembangan sel-sel darah putih. Mereka yang kekurangan seng ringan lebih rentan terhadap infeksi.

Ubi Jalar
Bahan makanan ini kaya vitamin A yang membantu membangun jaringan ikat kulit. Jaringan ini adalah pertahanan pertama dalam memerangi infeksi bakteri dan lainnya. Dengan demikian, kesehatan kulit tetap baik dan terjaga.

Jamur
Jamur dapat meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Jamur juga dikatakan sebagai tumbuhan peningkat daya tahan tubuh. Jamur melindungi sistem Anda melawan masuk angin dan virus selama musim dingin dan hujan. Jamur putih memiliki kandungan sel-sel pembunuh kuman, sebuah komponen penting dalam sistem imunitas. Jamur shitake, maitake, dan jamur reshi adalah beberapa jamur yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Teh
Dalam sebuah penelitian di Harvard, mereka yang minum lima cangkir teh hitam sehari selama dua minggu memiliki sepuluh kali kekuatan dalam melawan virus interferon dalam darah dibandingkan dengan peserta yang minum minuman panas biasa. Teh hitam dan hijau sama-sama mengandung L-theanine, asam amino yang larut dalam air yang membangun protein dan sistem kekebalan tubuh. Teh hijau adalah antioksidan yang kuat dan memiliki kandung anti-virus dan anti-bakteri. Minum kurang lebih tiga hingga lima gelas teh hijau setiap hari bisa menjaga daya tahan tubuh Anda. Sementara teh chamomile juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan flu dan masuk angin, sekaligus sifat antivirus dan antibakteri, yang bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh. Diminum dua hingga lima kali sehari, teh bisa menjadi pelindung tubuh dari cuaca tak menentu.

Sup Ayam
Semangkuk sup panas adalah makanan yang lazim diburu kala musim hujan. Tak hanya menghangatkan, sup yang berisi wortel, daging ayam, dan kuah kaldu juga terasa enak dan menambah stamina. Sup ayam juga bisa dijadikan makanan utama ketika sakit, bisa membersihkan hidung tersumbat dan mengurangi lendir layaknya obat batuk. Sup ayam juga memiliki agen anti-inflamasi. Selain sup, Anda mungkin juga bisa menyantap makanan panas dan berkuah lainnya seperti ramen, bakso, atau soto mie, yang berfungsi membuat tubuh mudah berkeringat, suhu tubuh terasa hangat, sehingga mampu menangkal hawa dingin.

Wortel
Si merah ini mengandung beta-karoten yang merupakan bahan yang hebat untuk sup, makanan rebus dan risotto. Kaya akan vitamin A, wortel bisa menolong melawan flu, batuk dan masuk angin. Wortel juga melindungi kita dari infeksi yang sangat umum terjadi selama cuaca dingin.

Buah-buahan
Untuk menjaga kesehatan selama musim hujan perbanyaklah mengkonsumsi buah segar karena buah kaya akan kandungan vitamin. Khususnya buah yang kaya antioksidan dan vitamin C. Misalnya apel, delima, melon, kiwi, stroberi, pepaya dan pir. Buah-buah ini kaya antioksidan dan juga vitamin C, yang bermanfaat menambah sistem kekebalan tubuh, juga membantu kulit tetap sehat, tidak kering, dan bercahaya. Diantara buah yang juga bisa dijadikan pilihan adalah :
  • Jeruk
  • Jeruk mengandung vitamin C yang membantu tubuh dalam meningkatkan sel darah putih sehingga memperkuat pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Selain nikmat dan menyegarkan, segelas jus jeruk atau lemon juga akan menjaga kelembaban kulit Anda ketika musim dingin.
  • Berries
  • Jenis-jenis berries, seperti blackberry, raspberry, blueberry, dan stroberi mengandung anthocyanin. Zat ini yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Chestnuts
Sebab kaya serat, sejenis kacang-kacangan yang berwarna cokelat ini bisa membantu menjaga kulit Anda tampak muda dan bercahaya. Selain itu, membantu tubuh Anda untuk berenergi secara cepat.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau memiliki nutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan karena sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral. Agar kesehatan tetap terjaga selama musim hujan, sisipkan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kacang panjang, atau sawi dalam menu makanan keluarga.

Nah, demikianlah beberapa jenis makanan yang sebaiknya bahkan wajib dikonsumsi saat musim hujan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Tapi ingat, bukan hanya memilah dan memilih makanan yang diperlukan akan tetapi intinya adalah menjaga pola makan dengan teratur dan memperhatikan asupan gizi serta nutrisi insya Allah kita akan tetap sehat dan bugar selama musim hujan. Satu hal lagi yang cukup penting, bahwa bilamana diperlukan, bisa diberikan tambahan suplemen herbal untuk menjaga imunitas tubuh.


__________________________________________________________________

Sumber :
  • 10 Makanan Sehat buat Musim Hujan - http://www.tempo.co/read/news/2014/01/25/060548288/10-Makanan-Sehat-buat-Musim-Hujan
  • Lima Makanan Sehat di Musim Hujan - http://sukmainspirasi.com/weekly-buzz/item/527-lima-makanan-sehat-di-musim-hujan
  • 5 Pilihan Menu Sehat Saat Musim Hujan - http://www.dewimagazine.com/food.travel/news/5.pilihan.menu.sehat.saat.musim.hujan/005/001/245
  • 4 Makanan Sehat Cegah Anak Sakit di Musim Hujan - http://family.fimela.com/bayi-balita/makanan-gizi/4-makanan-sehat-cegah-anak-sakit-di-musim-hujan-1401309-page1.html

1 komentar:

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.