Home » » Ucapan Terima Kasih Bukti Hamba yang Bersyukur

Ucapan Terima Kasih Bukti Hamba yang Bersyukur

Melihat status facebook dikomentari atau di like seseorang, serta merta tangan ini ingin mengetik sepatah kata atau dua tiga huruf berupa ucapan terima kasih kepada orang tersebut, namun terkadang setan datang menggoda akhirnya ucapan terima kasih itupun tidak jadi diketikkan. Padahal, apa susahnya ngomong, ehh bukan ngomong...khan tinggal diketik, tindis dua huruf "Tq" sudah cukup, atau klik tombol LIKE sekali saja juga sudah lebih dari cukup..!!! mudahkan ...???

Begitulah sedikit gambaran tentang ucapan terima kasih di dunia maya, bagaimana dengan yang terjadi di dunia nyata apakah lisan ini mudah mengucapkan terima kasih...???

Bagaimana caranya kita bisa menjadi seorang hamba yang pandai bersyukur jika mengucapkan terima kasih saja susah, bukankah mengucapkan terima kasih atas kebaikan seseorang kepada kita termasuk bukti dan cara untuk menjadi hamba yang bersukur, sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam :

" من لم يشكر الناس لم يشكر الله "
"Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia maka dia tidak bersyukur kepada Allah" (HR. Ahmad)

Dalam hadits yang lain disebutkan :

" أشكر الناس لله أشكرهم للناس "
"Orang yang paling bersyukur kepada Allah adalah mereka yang paling bersyukur kepada manusia" (HR. Al Bayhaqy)

Dalam hadits yang lain disebutkan :

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ
"dan barangsiapa yang berbuat kebaikan kepadamu maka balaslah dia" (HR. Abu Daud no. 1672, An-Nasai: 5/82, dan Ahmad dalam Al-Musnad: 2/68,99)

Hadits-hadits diatas menujukkan kepada kita betapa pentingnya yang namanya  "terima kasih" kepada setiap orang yang telah memberikan atau berbuat kebaikan kepada kita.

Bahkan yang namanya bersyukur kepada Allah dan ber-Terima Kasih kepada sesama manusia itu adalah ibadah yang Allah Ta'ala perintahkan, sebagaimana dalam firman-Nya :

"Bersyukurlah kepada-Ku dan (berterima kasihlah) kepada dua orang ibu bapakmu" (Luqman [31] : 14)

Apakah setelah membaca ayat dan hadits diatas, kita masih sulit untuk berterima kasih...???
Jika jawabannya "ya", maka Sebagai seorang manusia biasa hal tersebut juga merupakan hal yang biasa karena memang manusia itu jarang yang biasa berterima kasih.

Allah Ta'ala berfirman :

"Dan manusia adalah selalu tidak berterima kasih." (Al Isro' [17] : 67)

"Dan sedikit sekali dari hamba-hamba Ku yang berterima kasih." (Saba' [34] : 13)

Meskipun sifat "tidak biasa berterima kasih" adalah sifat yang biasa dimiliki kebanyakan orang namun tetap merupakan sifat yang tercela.

Oleh karena itu melalui tulisan ini kami ucapkan syukur terima kasih kepada Allah Ta'ala atas segala nikmat Nya kemudian kami ucapkan pula terima kasih kepada semua orang atas seluruh kebaikannya.

Sumber :

0 komentar:

Post a Comment

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Powered by Blogger.