-->

Cara Praktis dan Ekonomis Sterilisasi Alat Bekam

Setelah alat bekam digunakan, maka untuk dapat digunakan kembali, alat bekam tersebut harus dibersihkan dan disterilisasi.

Proses sterilisasi ini sangat penting untuk menjaga kehigienisan alat bekam. Apalagi bekam ini menyangkut pengeluaran darah yang notabene adalah sangat riskan menularkan penyakit.

Oleh karena itu proses sterilisasi yang tepat dan benar mutlak dan penting adanya.

Dalam artikel ini kami akan berbagi mengenai cara sterilisasi alat bekam yang benar dan cara sterilisasi alat bekam yang ekonomis.

Tujuan Sterilisasi
  1. Membunuh kuman (virus atau bakteri) yang terbawa darah pasien sebelumnya.
  2. Membersihkan alat dari bekas darah dan minyak zaitun atau minyak habbatussauda' yang digunakan dalam membekam.
 Cara Sterilisasi Alat Bekam :
  1. Peralatan baik berupa kop, pena dan lainnya yang sudah digunakan direndam dalam larutan NaClO (Klorin) 5% dan air dengan perbandingan 1 bagian klorin dan 9 bagian air. Klorin dapat diperoleh dari pemutih pakaian yang dijual dipasaran seperti bayklin, soklin pemutih atau proklin.
  2. Rendam peralatan tersebut (kop, pena dll) selama minimal 15 menit untuk bekas pasien yang tidak mengidap penyakit virus -seperti hepatitis,herpes atau HIV- atau minimal 24 jam untuk pasien pengidap penyakit virus. Dalam hal ini sebelum membekam diharuskan menanyakan riwayat kesehatan pasien.
  3. Peralatan Bekam (kop, pena dll) kemudian dicuci menggunakan sabun pencuci piring seperti sunlight atau mama lemon, setelah itu dikeringkan.
  4. Siram dan rendam Peralatan Bekam (kop, pena dll) dengan air panas +/- 5 menit lalu angkat dan
  5. Peralatan Bekam (kop, pena dll) disemprot larutan alkohol 70% dan keringkan atau dilap menggunakan tisu.
  6. Peralatan Bekam (kop, pena dll) siap digunakan kembali, jika akan simpan maka masukkan dalam tempat yang terlindungi.
Demikianlah cara sterilisasi peralatan bekam secara praktis dan ekonomis.

Meskipun peralatan bekam tersebut mudah kita sterilkan sebagaimana diterangkan diatas, namun tetap dianjurkan bahkan diharuskan untuk penderita penyakit-penyakit tertentu utamanya yang disebabkan oleh virus untuk memiliki dan menggunakan alat bekam sendiri.

Sumber : Cara Sterilisasi Alat Bekam Secara manual

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]